Selasa, 16 Februari 2010

Facebook: Everytime Everywhere


Facebook: Everytime Everywhere




Siapa sih yang ga kenal facebook, situs jejaring sosial milik Mark Zuckeberg belum genap berumur setengah dekade sejak didirikan tanggal 4 Februari 2004 di Cambridge, USA. Secara fungsional facebook tak jauh berbeda dengan situs-situs sejenisnya, semisal friendster, myspace, twitter dan lainnya. Akan tetapi dimana letak keunikan facebook yang konon keanggotaan awalnya hanya diperuntukkan untuk komunitas Harvard College, kini telah mencapai kurang lebih 150 juta anggota aktif yang tersebar di seluruh belahan bumi. Wow...angka fantastis untuk sekedar situs social network belaka. Nah, kali ini kami coba memaparkan sedikit opini dan keunikan dalam situs jejaring sosial www.facebook.com.

Facebook: Individualist, Narcist, Egocentrist, And Consumerist

Bersama Dustin Moskovitz dan Chris Hughes, Mark Zuckerberg (25th), pemuda kelahiran Yahudi AS menciptakan dan mendirikan facebook. Situs yang membawa anggotanya untuk saling berinteraksi sesama teman, baik teman kerja, teman masa lalu, maupun teman-teman baru yang belum pernah bertemu secara langsung. Facebook, memang sedikit “memaksakan” penduduk bumi untuk bergabung didalamnya, termasuk kita di Indonesia. Feature yang terdapat dalam facebook sebagian besar merupakan sharing informasi personal maupun kelompok tertentu yang terbagi dalam berbagai klasifikasi, baik profit maupun non-profit sebagai media komunikasi yang fenomenal dan efektif.






Facebook memberi keleluasaan kepada para anggotanya untuk mengeksplorasi diri sekaligus sosialiasi identitas diri anggotanya. Sehingga i
nfo personal, dapat disharing dan diakses dengan mudahnya kepada jaringan teman yang dimiliki. Yah, tak dipungkiri, banyak dari anggota facebook terbiasa memberikan status update, baik berupa aktivitas, situasi hati maupun ide-ide tertentu secara intens dan berkala sebagai sebuah mesin ekspresi. Apalagi kini facebook telah merambah dalam berbagai industri, termasuk provider komunikasi maupun mobile phone. Sehingga membuat anggotanya begitu dimanjakan oleh berbagai feature dan aplikasi yang mudah diakses hanya dari sebuah handphone.


Tak hanya sebagai mesin ekspresi, facebook memiliki berbagai feature dan aplikasi yang beragam. Selain feature live chat yang ditanam dalam situs ini, facebook memanjakan anggotanya dengan berbagai aplikasi, baik berbasis game, quiz, virtual gift, fashion and lifestyle, sport, music, education, bahkan aplikasi bisnis. Tak hanya sebatas itu, feature group, event, video, notes, dan birthday reminder merupakan feature yang berperan besar terhadap perkembangan dan kemajuan facebook.


Ada positif, tentunya ada negatif. Begitupun dengan facebook, situs jejaring sosial yang melangit ini dapat berdampak negatif jika kita tidak cermat dan bijak dalam mengatur setting account pribadi kita. Alangkah lebih baiknya bila kita hanya membagikan informasi yang bersifat privacy kepada teman-teman tertentu yang sudah kita kenal sebelumnya, agar informasi yang kita miliki tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Termasuk data-data foto maupun video. Untuk lebih jelasnya, silahkan mengakses link http://www.facebook.com/privacy.


Nah, apakah kalian sudah mempunyai profil facebook? Jika belum, mungkin kehadiran kalian bisa membuat jumlah pengguna Facebook mendekati jumlah angka penduduk dunia, tanpa batasan umur, ras, golongan, agama, maupun budaya.....(hehehe...lebay mode: ON). (AB)




0 Comments:

Post a Comment