Selasa, 16 Februari 2010

Distro; Sebuah Nama Sebuah Cerita 


Distro, Sebuah Nama Sebuah Cerita, sengaja kami mengutip album band papan atas Indonesia Peterpan, Sebuah Nama Sebuah Cerita, namun kali ini kami mengutipnya untuk mengupas distro, baik dari penamaan kata distro sendiri maupun dari cerita yang berkembang seputar distro.


Sebagian kalian, mungkin pernah mendengar istilah distro, atau kaos distro? Atau kalian sendiri pengguna kaos distro? Tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan distro itu? Simak ulasan singkat berikut.
Distro atau panjangnya distribution store
atau bisa juga distribution outlet adalah toko sejenis usaha konveksi yang dititipkan sang pembuat kepada orang lain untuk dijual ataupun menjual sendiri produknya. Produknyapun sebenarnya bervariatif, mulai dari kaos, baju-baju, pakaian, sandal, sepatu, topi, merchandise, kaset dan CD musik, sampai pada aksesoris komunitas tertentu. Khususnya yang berkaitan dengan komunitas hobi, semisal komunitas skateboard, komunitas design grafis, komunitas BMX, komunitas surfing, dan ga ketinggalan juga komunitas musik, baik musik underground maupun musik-musik indie. 

Pada mulanya, keberadaan distro merupakan strategi pemasaran band-band indie asal Bandung. Di era 90-an band-band idealis ini mengemas berbagai barang, mulai dari kaos, baju kaset dan CD musik untuk pengembangan pemasaran musik mereka sendiri. Dan kemudian menular kepada komunitas-komunitas lain yang telah disebutkan diatas.

Dalam waktu relatif singkat, keberadaan distro mengalami kemajuan pesat, hal ini tak lain disebabkan karena barang-barang yang ditawarkan memiliki jumlah produksi terbatas, sehingga memiliki kesan unik, khas, ga umum, eksklusif, narsis dan pastinya berkarakter.

Sejauh ini, kaos distro bukanlah barang asing bagi kaum muda maupun masyarakat umum. Keberadaannya mudah dijangkau diberbagai kota, tidak hanya di Kota Bandung, melainkan kota-kota berkembang lainnya, salah satunya Kota Cirebon. Namun, kami berharap ide, konsep, design dan content distro, tidak pudar dari kekhasannya, keunikannya, keasliannya, dan kegilaannya. Bagaimanapun juga distro merupakan wujud idealisme kaum muda dalam menjunjung tinggi prouktivitas dan kraetivitas, demi kemajuan banga dan negara. Bravo distro Indonesia!! (to be continue...) (ab) 

0 Comments:

Post a Comment